29 Jul 2011

Tidak terasa sekarang kita berada pada akhir bulan sya'ban. kita sedikit lagi akan menyambut bulan suci ramadhan. bulan sya'ban juga disebut juga bulan roahan. mungkin karena pada bulan sya'ban kita disunahkan untuk mengunjungi saudara-saudara kita yang telah menjadi ahli kubur. sehingga bulan sya'ban disebut sebagai bulan roahan. tidak hanya mengunjungi keluarga-keluarga kita yang telah ahli kubur, banyak juga orang yang melaksanakan do'a bersama dirumah mereka untuk membayar haul/denda karena belum melakasanakan puasa dibulan ramadhan yang telah lalu.

Banyak sekali kejadian yang terjadi dalam kisah para nabi terdahulu dalam bulan sya'ban ini. sehingga bulan ini disebut juga bulannya para nabi/rasul. bagi anda yang ingin melaksanakan denda puasa di tahun lalu sebaiknya capat dilakukan sebelum bulan ramadhan segera datang kembali. tetapi ingat bila telah melewati nifsu sya'ban/pertengahan bulan sya'ban sebaiknya jangan melakukan puasa karena akan menjadi makruh hukumnya. begitu juga bila anda melaksanakan puasa sunah seperti puasa senin-kamis sebaiknya jangan dilakukan. kecuali anda sudah biasa melakukan puasa sunah senin-kamis maka puasa tersebut tidak apa-apa dilakukan.

mungkin hanya itu yang ingin saya sharing pada kesempatan kali ini. semoga ada manfaatnya untuk anda dan tentunya untuk saya sen diri. bila anda belum mengunjungi saudara-saudara anda yang telah menjadi ahli kubur, sebaiknya cepat anda lakukan karena sedikit lagi kita akan meyambut bulan suci ramadhan. semoga ibadah yang yang telah dan akan kita lakukan diterima oleh allah swt (amin)

1 komentar:

No Spam
EmoticonEmoticon